In BPMN Gateway is NOT Decision!

gateway vs decision

In a BPMN diagram, a diamond shaped element as shown on the diagram above is called gateway. In a conventional flowchart, a diamond represent a decision. What is the difference between gateway and decision?

A decision involve an activity to determine the condition, whereas in BPMN, gateway is alternative sequence flows

 

Suatu decision melibatkan aktifitas untuk menentukan kondisi, sedangkan gateway tidak menentukan kondisi, dia hanya membaca kondisi yang sudah ada kemudian menentukan sequence selanjutnya. Jadi dalam gateway, tidak ada lagi aktifitas yang dilakukan untuk menghasilkan kondisi ini. Oleh karena itu biasanya di dalam BPMN sebelum gateway ada aktifitas yang terkait, misalnya "melakukan review dokumen", sedangkan dalam flowchart suatu decision sudah berimplikasi ada aktifitas review tersebut.

Bolehkan kita menggabungkan gateway dengan activity sehingga menjadi sekaligus decision? Kalau kita serius mengikuti standar BPMN, kita tidak boleh melakukannya. Tujuan BPMN dibuat adalah salah satunya adalah untuk memudahkan pemodelan. Bila kita menganggap gateway seperti decision maka kita akan kehilangan satu aktivitas tersebut (melakukan review), sehingga tidak akan muncul di dalam RACI diagram misalnya. Karena gateway tidak masuk ke dalam RACI diagram.

Dengan memisahkan aktivitas yg menciptakan kondisi, maka gateway dalam BPMN dapat berfungsi lebih luas, selain untuk splitter (bercabang) bisa juga digunakan untuk menggabungkan sequence (joiner). Selain itu gateway dalam BPMN juga ada beberapa tyoe tergantung bagaimana aturan percabangan/penggabungan ini dilaksanakan, ada ekslusive-OR, inklusive-OR, custome, dll.